SMPN 10 Malang – Bulan sabit tersenyum ramah, didampingi bintang-bintang nan indah, semoga tahun ini lebih berkah. Kami seluruh keluarga besar SMPN 10 Malang mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1445. Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia yang disebut dalam Al Quran selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Di antara keistimewaan bulan ini adalah terdapatnya hari Asyura. Pada hari ke sepuluh di bulan Muharram ini banyak peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam.

Untuk memberikan edukasi tersebut, SMPN 10 Malang menyelenggarakan kegiatan Peringatan 10 Muharram1445 H dengan Tausiyah oleh Habib Alwy Bin Abdullah Alaydrus dan pemberian santunan anak yatim piatu.

Kepala SMPN 10 Malang, Hasbullah, S.Pd., SE, mengapresiasi kegiatan tersebut bahwa “Peringatan 10 Muharram diharapkan menjadi bentuk momentum yang baik dan selalu kita nantikan segala keberkahannya. Segala bentuk kegiatan dalam peringatan 10 Muharram ini sangat mendukung pendidikan karakter religius siswa di SMPN 10 Malang,”ujarnya.

Kegiatan dihadiri oleh semua siswa, guru/karyawan, dan komite bertempat di Masjid Al-Ikhlas SMPN 10 Malang. Agenda pertama, dibuka oleh pembaca acara, dilanjutkan dengan sambutan hangat kepala sekolah dan ketua panitia yang sedikit banyak menyampaikan bagaimana pentingnya untuk terus berbuat baik bukan hanya di bulannya Allah ini yaitu bulan Muharam tetapi di bulan-bulan seterusnya.

Adapun tausiyah secara mendalam mengenai bulan Muharram ini disampaikan langsung oleh Habib Alwy. Dalam ceramahnya beliau mengajak semua tamu undangan untuk berdzikir, dan bersalawat bersama , juga memotivasi siswa untuk selalu melakukan yang terbaik dalam kehidupan. Habib Alwy menyampaiakan berbagai keutamaan Bulan Muharram yaitu bulan yang suci, bulan para nabi hingga, amalan dilipatgandakan. Pada bulan ini pula, umat Islam dianjurkan memperbanyak mengerjakan amalan sunnah, mulai dari berpuasa hingga bersedekah.

Santunan anak yatim piatu di SMPN 10 Malang

Acara ditutup dengan  memberikan santunan kepada 53 anak yatim piatu yang ada di SMPN 10 Malang. Semoga hamba yang penyayang dan membantu anak yatim piatu akan dipermudah segala urusannya oleh Allah SWT. Tidak hanya kesulitan di dunia, hamba tersebut juga akan mendapatkan kemudahan dalam urusan akhirat kelak.

Hadits riwayat Imam Bukhari

عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *